Nasi merupakan makanan pokok sehari-hari bagi orang Asia, terutama bagi masyarakat Indonesia. Bahkan nasi sudah menjadi sumber karbohidrat utama bagi masyarakat kita. Kandungan karbohidrat dalam semangkok nasi lumayan besar yakni sekitar 50 gram karbohidrat. Selain karbohidrat, nasi juga mengandung nutrisi lain seperti vitamin B1, B2, protein, fosfor dan zar besi. Tak ayal, ada ungkapan “Meskipun sudah makan daging, roti ataupun makanan lainnya tapi kalo belum kena nasi tetap saja belum terasa seperti makan”. 

Selain menjadi makanan sehari-hari, nasi juga sering digunakan sebagai hidangan untuk acara khusus seperti arisan, pengajian, pernikahan dan lain-lain. Agar tidak membosankan, nasi juga bisa diolah menjadi berbagai jenis kreasi seperti nasi goreng, nasi kuning, bahkan nasi bakar. 

Jika anda berencana mengadakan acara di rumah, tetapi terbatas oleh kesibukan dan keterbatasan tempat ataupun keterampilan maka lebih baik anda menyajikan hidangan yang sederhana namun tetap cocok dengan selera tamu. Nasi kotak bisa menjadi solusi itu. Keunggulan nasi kotak dibanding hidangan lainnya adalah praktis dan murah. Selain itu, nasi kotak yang disajikan dengan menu tradisional tentu akan meninggalkan kesan unik pada tamu anda. 

Ada 4 tips untuk memesan nasi kotak yang enak dan hemat. Alangkah baiknya anda membaca tips berikut ini sebelum anda mulai memesan nasi kotak untuk acara anda.

Isi :

  1. Mencari referensi sebanyak-banyaknya

Tips pertama yang paling penting adalah mencari referensi catering nasi kotak Jakarta. Anda bisa mencari referensi dengan mengobrol bersama teman ataupun mencarinya di internet. Waktu yang baik untuk menjalankan tips ini adalah kurang lebih 2 bulan sebelum acara dimulai. Hal ini dilakukan supaya kamu bisa mendapatkan pilihan yang banyak dan bisa membandingkan diantara pilihan itu mana yang lebih murah dan enak.

Saat membandingkan jasa catering kamu juga harus mempertimbangkan soal jarak tempat catering ke lokasi acaramu agar hidangan nasi kotak yang kamu pesan bisa sampai tepat waktu.

  1. Pilih jenis menu yang cocok dengan selera tamu

Tips selanjutnya adalah memilih jenis menu yang cocok. Agar menu nasi kotak kamu bisa cocok dengan acara yang digelar, kamu harus mempertimbangkan tamu yang hadir. Misalnya, apabila kamu mengadakan acara pengajian keluarga dan keluarga besarmu berasal dari suku Jawa, alangkah baiknya memesan menu khas Jawa. Tetapi jika kamu mengundang tamu dari masyarakat luas, lebih baik memesan menu yang umum saja yang tidak terlalu menonjolkan kekhasan suatu daerah.

  1. Susun daftar lauk dan sayuran sesuai anggaran

Setelah memilih jenis menu yang cocok, tips berikutnya adalah menyusun daftar lauk dan sayuran. Anda harus menyesuaikan dengan anggaran yang anda punya saat menyusun daftar ini. Sebab umumnya lauk yang ditawarkan pada nasi kotak akan beraneka macam. Contohnya lauk di nasi kotak masakan padang misalnya, gulai, rendang, ayam bakar, sayur daun singkong, sambal hijau balado, dll. Sementara untuk daftar sayuran pilihannya juga beragam. Anda biasanya akan disuguhkan. tumis buncis, capcay, tumis kacang panjang, kentang balado, dll. 

Tentunya anda tidak wajib memilih semuanya. Cukup pilih 1 atau 2 dari daftar tadi lalu dipadupadankan dan jangan lupa pastikan pilihan anda sesuai dengan anggaran yang tersedia. Atau jika anda merasa malas untuk menyusun daftar lauk dan sayuran sendiri anda bisa menggunakan alternatif yang lain, yakni memilih paket. Paket menu biasanya sudah disediakan oleh catering dan bisa disesuaikan juga dengan anggaran yang ada.

  1. Pastikan bahan masakan berkualitas

Tips yang terakhir untuk memesan nasi kotak yang enak dan hemat adalah memastikan bahan masakan yang digunakan berkualitas. Karena bahan masakan yang tidak berkualitas pasti akan membuat makanan yang dihasilkan menjadi kurang enak. 

Untuk bisa memastikan bahan masakan yang digunakan berkualitas, anda bisa mencoba memesan satu buah nasi kotak kepada catering jauh-jauh hari sebelum acara, Atau jika anda memiliki teman atau saudara yang sudah memesan ke suatu jasa catering, anda juga bisa meminta dari mereka untuk dicicipi. Dari nasi kotak yang anda cicipi itu, anda bisa mengira-ngira bagaimana bahan masakan yang digunakan. Sebab apabila bahan masakan yang digunakan berkualitas tinggi pasti hasilnya akan terasa enak.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *