Jalur beasiswa menjadi pilihan para mahasiswa yang ingin mendapatkan bantuan untuk membiayai pendidikannya. Dari segi pembiayaan, beasiswa terbagi menjadi dua yaitu beasiswa parsial dan beasiswa penuh. Beasiswa parsial merupakan beasiswa yang menanggung biaya studi saja tidak mencakup biaya lainnya seperti biaya akomodasi dan uang saku.

Baca Juga: Tips Memesan Nasi Box

Sedangkan beasiswa penuh merupakan beasiswa yang memberikan bantuan dana studi yang mencakup seluruh kebutuhan mahasiswa selama menempuh pendidikan mulai dari biaya kuliah, biaya tempat tinggal, biaya perjalanan, asuransi, dan lainnya. Para pelajar Indonesia yang kuliah di Jerman berkesempatan untuk mendapatkan beasiswa kuliah di Jerman.

5 Beasiswa Kuliah di Jerman yang Populer yang Perlu Diketahui

Ada banyak beasiswa kuliah di Jerman yan tersedia dari berbagai penyandang dana seperti beasiswa pemerintah, beasiswa non pemerintah, dan juga beasiswa universitas. Beasiswa – beasiswa tersebut tersedia untuk jenjang S1, S2, dan S3 baik parsial maupun penuh. Beberapa beasiswa kuliah di Jerman diantaranya:

1. Beasiswa DAAD Jerman

DAAD (Deutscher Akademischer Austausch Diens) atau Dinas Pertukaran Akademis Jerman menyediakan beasiswa riset, fellowship, dan program Doktoral. Beberapa program beasiswa yang ditawarkan DAAD yaitu:

• Development-Related Postgraduate Course (Epos)
• Public Policy and Good Governance (PPGG)
• Sustainable Water Management (NaWam)
• Study Scholarships for Foreign Graduates
• Indonesian-German Scholarship Program (IGSP)
• Study Visits for Academics-Artists and Architects
• Research Stays for University Academics and Scientists
• Research Grants – Bi-nationally Supervised Doctoral Degrees
• Research Grants – One-Year Grants
• Research Grants for Doctoral Programs
• International Study & Training Partnership (ISAP)
• Study Visits for Groups of Foreign Students
• Re-Invitation Program for Former Scholarship Holders
• Hochschulsommerkurs-Stipendien für Fortgeschrittene Deutschlerner an indonesischen Hochschulen

2. Beasiswa Erasmus +

Beasiswa Erasmus + merupakan beasiswa yang terbuka bagi mahasiswa internasional yang didanai oleh pemerintah Uni Eropa. Beasiswa Erasmus+ memiliki berbagai program studi S1, S2, S3, dan pasca-doktoral di Eropa, baik untuk program gelar maupun non gelar atau pertukaran.

3. Beasiswa KAAD

KAAD merupakan institusi berbasis agama Katholik yang menawarkan beasiswa untuk mahasiswa internasional di negara berkembang. Beasiswa ini tersedia untuk program master dan doktoral.

Pelamar beasiswa KAAD tidak dibatasi pada bidang studi tertentu, namun beasiswa ini lebih mengutamakan para pelamar yang mengambil jurusan yang dirasa bermanfaat dan penting bagi negara masing – masing pelamar.

Pendaftaran beasiswa ini bisa dilakukan dengan mengisi formulir aplikasi dan mengirimkannya kepada partner committee KAAD di negara asal pelamar. Pelamar beasiswa KAAD dari Indonesia bisa mengirimkan form aplikasi kepada:

Dr Juliana Murniati
KAAD Committee Indonesia
University of Atma Jaya
Jalan Jenderal Sudirman 51 Jakarta Selatan 12930
Email: juliana.murniati@atmajaya.ac.id

Pelamar juga bisa mengirimkan form aplikasi kepada:

Dr. Heinrich Geiger
Head, Asia Department
Email: geiger@kaad.de.

4. Beasiswa LPDP

Beasiswa LPDP memiliki program Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) yang ditujukan untuk pelajar – pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan studinya di luar negeri termasuk di Jerman. Beasiswa ini dikelola oleh Lembaga Dana Pendidikan yang berada di bawah Kementerian Keuangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta Kementerian Agama.

Beasiswa LPDP dibuka tiap tahunnya, jadi bagi Anda yang berprestasi bisa mendaftar beasiswa ini. Namun, peminat beasiswa ini sangat banyak jadi Anda harus bersaing ketat untuk mendapatkan beasiswa ini.

5. Heinrich Böll Scholarships

Beasiswa dari Heinrich Böll Foundation ini tersedia untuk jenjang S2 dan S3 untuk mahasiswa non Uni Eropa, sedangkan jenjang S1 diperuntukkan mahasiswa Uni Eropa. Informasi lengkap mengenai beasiswa ini bisa kamu baca di sini https://www.boell.de/en/application.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *