Ancaman Sesar Di Jantung Bandung Bagian 4

Segmentasi Sesar Lembang sulit dipetakan secara rinci. Dari citra satelit segmentasi terlihat bervariasi dengan panjang ratusan meter hingga beberapa kilometer. Terbagi dalam beberapa segmen, kekuatan sesar bisa menyatu ketika gempa besar. ”Istilahnya gempa maksimum. Tapi tidak berarti akan selalu maksimum,” tutur Danny. Dalam kasus gerak patahan normal atau menurun, wilayah lereng bagian utara paling berpotensi rusak parah.

Kawasan ini banyak dihuni penduduk. Tempat berbahaya lain berada di atas jalur sesar dan sekitar tebing patahan. Bangunan yang dirancang tahan gempa sekalipun bisa tercabik gerakan sesar. Namun kawasan yang seharusnya dikosongkan itu justru menjadi lokasi permukiman penduduk dan lembaga pemerintah. Bangunan seperti rumah sakit atau sekolah tak boleh berdiri di kawasan jalur sesar. Di Selandia Baru dan Amerika Serikat, berlaku bu?er zone sejauh 20 meter dari sesar.

Sedangkan Indonesia tak mengenal konsep zona penyangga ataupun pentingnya membangun rumah tahan gempa. ”Masyarakat berhak tahu. Pemerintah harus menginformasikannya,” kata Danny. Wilayah Cekungan Bandung juga terancam. Jika muncul gempa besar dengan kekuatan seperti yang terjadi di Pidie Jaya, Aceh, awal Desember lalu, kerusakan di Cekungan Bandung bisa lebih parah dan masif. Kota Bandung tidak aman dari gempa jika Sesar Lembang bergerak. ”Berdampak serius pada infrastruktur dan korban tewas bisa ribuan orang,” ujar Irwan Meilano. Rumah dan bangunan di kawasan Bandung Raya rentan rusak dihantam gempa.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *