Ada pula orangtua yang merasa kurang mampu mengasuh atau kurang menguasai cara mendidik anak. Meskipun hal ini sejatinya dapat diatasi selama orangtua bersedia belajar mengenai cara pengasuhan yang baik terhadap anak, serta memiliki komitmen untuk melakukan hal tersebut.

Baca juga : Beasiswa d3 ke S1 Luar Negeri

Lakukan penelitian lebih dulu Setelah memutuskan untuk memasukkan batita ke sekolah, orangtua perlu melakukan penelitian mendalam terhadap tempat yang akan menjadi sekolah bagi batitanya. Luangkan waktu untuk mengamati dan berada di sekolah itu, sehingga orangtuadapat memperoleh gambaran bagaimana si batita akan memperoleh pengasuhan di sekolah tersebut. Karena sifatnya tidak wajib, kita juga tak perlu memaksa batita masuk ke sekolah yang berlangsung setiap hari.

Pemaksaan bersekolah justru akan mem berikan kesan tidak menyenangkan pada batita mengenai kegiatan tersebut. Hal ini kelak akan menyebabkan batita menganggap sekolah sebagai suatu kegiatan tidak menarik. Tidak ada salahnya menemani batita di awal masa sekolah dengan tujuan membuatnya nyaman dalam melakukan proses adaptasi dengan situasi baru tersebut.

“Namun hal ini perlu disikapi dengan bijak demi menghindari si kecil menjadi sangat bergantung pada pengasuhnya,” tegas Nina. Secara bertahap sebaiknya batita mulai dilepas untuk dapat melakukan aktivitas bermainnya di sekolah secara mandiri sehingga ia lebih banyak berinteraksi dan bersosialisasi dengan guru serta teman-temannya. Bukankah manfaat itu yang ingin Mama Papa berikan kepada si kecil?

Tip Memilih Sekolah Untuk Batita

Tidak mudah, tetapi juga bukan hal yang tidak mungkin dilakukan. Berikut tipnya: ¦ Pilihlah sekolah dengan jarak tempuh dari rumah maksimal 30 menit. Hal ini sangat penting agar batita tidak merasa lelah di perjalanan yang nantinya hanya akan menyebabkan ia bad mood dan hilang minat di sekolah.

¦ Pilihlah sekolah yang sesuai bagi karakter anak. Misalnya, bagi anak yang jarang bertemu dengan orang lain dan bersekolah merupakan pengalaman pertamanya bersosialisasi, pilihlah sekolah yang muridnya tidak terlalu banyak. Atau bagi anak yang menyenangi aktivitas motorik di luar ruangan, pilihlah sekolah yang menyediakan kegiatan kegiatan outdoor. ¦ Pilihlah sekolah dengan guru-guru yang berdedikasi dalam mengasuh dan menjaga anak sesuai ilmu pendidikan dan perkembangan anak. Hal ini sangat penting karena gurulah yang akan banyak berinteraksi dan menjadi contoh modeling bagi batita saat ia berada di sekolah. Selamat berburu sekolah!

Sumber : https://ausbildung.co.id/

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *