Saat mandi pun hindari menyabuni bagian dalam vagina. Ketika buang air kecil, cukup bilas bagian luar dengan air dan keringkan kembali agar tidak lembap. BENJOLAN Bila Mama merasakan adanya benjolan pada bagian luar va- gina, bisa jadi itu adalah kista bartholin. Di setiap sisi luar Miss V terdapat kelenjar yang dinamakan kelenjar bartholin.

Baca juga : Beasiswa s2 Jerman

Kelenjar ini berfungsi memproduksi cairan yang menjadi pelumas Miss V. Ketika kelenjar ini tersumbat, cair an akan menumpuk dan menyebabkan pembengkakan di area luar Miss V. Jika bakteri masuk dalam sumbatan tersebut akan menjadi infeksi yang bisa mengakibatkan abses (bisul bernanah). Saat sudah terjadi abses, bagian yang bengkak akan terasa nyeri, bahkan menimbulkan demam. PENYEBAB: Penumpukan cairan yang tersumbat pada kelenjar bartholin.

Mama yang hobi mencukur atau waxing rambut kelamin perlu berhati-hati saat melakukannya. Alat cukur atau proses waxing yang tidak bersih berpotensi menimbulkan infeksi pada folikel (tempat tumbuh rambut) dan menimbulkan infeksi serta benjolan pada area tersebut. DAMPAK PADA KESUBURAN: Kista bartholin tidak memengaruhi kesuburan secara langsung. Namun, adanya kista ini menimbulkan rasa tak nyaman saat berhubungan intim. Jika kista sampai terinfeksi dan tidak segera diobati bisa saja timbul gangguan kesuburan.

PENGOBATAN: Dokter obgin biasanya akan melakukan operasi kecil untuk mengeluarkan cairan yang menumpuk di kelenjar bartholin. Bila ada infeksi, dokter juga akan memberikan antibiotik. PENCEGAHAN: Menjaga higienitas daerah Miss V. Kista bartholini dapat terulang kembali, karena itu Mama yang pernah meng alaminya harus benar-benar menjaga kebersihan vagina.

Tampil modis saat hamil “Semenjak hamil, saya merasa ingin selalu tam pil cantik dan modis. Tak heran, bila mengunjungi salah satu pusat perbe lanjaan, saya ingin selalu membeli baju-baju hamil. Saya juga membutuh kan waktu lama untuk memutuskan, dari segi warna maupun corak. Pernah suatu ketika saya salah membeli model baju, sampai rumah pun uring-uringan tidak ada habisnya. Sepertinya si kecil tahu kalau baju yang dikenakan ibunya tidak sesuai. Sejak saat itu, saya semakin detail bila membeli baju hamil. ” meida (8 bulan)

Sumber : https://ausbildung.co.id/

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *