Halo sobat, pasti kamu tau dong getuk pisang? Yap, makanan khas kediri ini sudah sangat melekat dengan masyarakat timur. Gethuk ini adalah salah satu makanan khas kediri selain tahu kuning. Makanan berbahan dasar pisang ini adalah camilan tradisional turun temurun yang asal usulnya merupakan camilan ikonik kerajaan kediri. Bahkan seperti yang dilansir wikipedia, putri dari kerajaan jenggala (pecahan dari kerajaan Kediri) sangat menyukai gethuk pisang ini.

Sebagai bahan baku utama, pisang yang dipilih untuk pengolahan ini adalah pisang raja nangka yang memiliki citarasa yang khas, berbeda dengan pisang pada umumnya. Cara membuat gethuk juga simple dan tiak memakan waktu yang lama. Campuran rasa asam dan manis yang pas dan teksturnya sedikit keras membuat pisang jenis ini cocok untuk dijadikan gethuk.

o   Keunikan gethuk pisang, beda dari yang lain

Unik,  menjadi kata yang saya pikirkan ketika mlihat tampilan dari gethuk ini. Biasanya gethuk itu berbahan dasar ubi atau singkong.  Tapi kali ini, aku baru menemukan gethuk yang berbahan dasar pisang. Selain bahan dan citarasanya yang unik dan khas, gethuk ini juga dibungkus dengan daun pisang seperti lemper, sehingga menghasilkan bau yang khas.

o   Bahan dan cara membuat gethuk pisang.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, gethuk ini berbahan dasar pisang raja nangka. Dengan aroma dan citarasa yang khas, teksturnya juga sangat ideal untuk dijadikan gethuk. Cara pengolahan gethuk pisang ini cukup sederhana dan tidak ribet. Pertama kamu siapkan pisang raja nangka yang sudah kamu kupas dan kamu haluskan. Usahakan pisang yang kamu pakai itu pisang tua ya, agar hasil getu tidak terlalu lembek dan tidak terlalu keras. Lalu tumbuk pisang hingga menjadi adonan yang halus. Tambahkan gula pada adonan yang akan membuat manis gethuk. Lalu kamu bisa tambahkan sedikit gula lagi dan juga vanili. Aduk adonan hingga rata. Kemudian kamu letakkan pada daun pisang dan kamu bungkus dengan cara digulung. Lalu setelah terbungkus rapih, tinggal kamu kukus agar adonan mengeras dan aroma daun pisangnya terasa.

o   Rasa manis gethuk pisang yang bikin kamu ngiler

Rasa manis dan asam yang terpadu dengan baik didalam olahan getuk ini menjadi cirikhas tersendiri bagi kuliner andalan kediri ini. Ditambah lagi aroma daun pisang yang wangi akan membuat kita semakin tak sabar untuk menyantapnya. Ditambah lagi dengan cemilan ini sudah pasti sehat, tanpa bahan pengawet dan sangat alami.

o   Tempat kuliner

Cemilan ini sudah pasti sangat ramai dijajakan di pinggiran jalan kediri, Jawa Timur. Disana, cemilan ini sangat mudah untuk ditemukan, sangat banyak penjual yang menjajakan cemilan ini dikarenakan permintaan konsumsi masyarakat yang besar pula. Bagi kamu yang sedang jaan-jalan ke kota kediri, kamu bisa menemukan cemilan ini di warung, pasar dan juga toko oleh-oleh daerah. Rasanya kurang lengkap jika kamu jalan jalan ke kota keiri tanpa membeli dan mencicipi gethuk pisang. Untuk harga, kamu tidak perlu mengeluarkan kocek yang dalam, karena gethuk pisang ini sangat erjangkau. Cemilan ini dibandrol dengan harga Rp. 500 untuk ukuran kecil, Rp. 3000 untuk ukuran sedang dan Rp. 20000 untuk perbungkusnya. Gethuk ini bisa bertahan selama 2 hari. Tapi jika ditaruh di kulkas, gethuk ini bisa bertahan selama 5 hari.

Sekian ulasan ghetuk pisang, makana yang melagenda. Semoga bisa menjadi refrensi kamu yaa. Dan jangan lupa untuk tetap mencintai dan melestarikan kuliner khas nusantara. Have a nice day sobat.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *