Material Wajan yang Ada di Pasar

Perkembangan produksi wajan dari dulu hingga sekarang dapat dilihat salah satunya dari jenis material pembentuknya. Besi, tembaga, kaca tahan panas, dan juga keramik atau porselen, adalah contoh beberapa material pokok pembentuk wajan. Wajan-wajan ini, sesuai kebutuhan, masih sering digunakan sampai sekarang. Umumnya wajan jenis ini punya daya tahan yang lebih lama.

Baca juga : Jual Genset Surabaya

Karena tak berpelapis, wajan-wajan ini dianggap sangat baik menghantarkan panas karena penghantaran panas dapat terjadi tanpa hambatan. Juga, tak dilengkapi dengan lapisan anti-lengket. Tak adanya lapisan anti-lengket, bagi sebagian orang atas alasan kesehatan, merasa lebih aman menggunakannya. Sayangnya, tak adanya lapisan ini membuatnya susah dibersihkan atau perlu waktu lama untuk membersihkan, sehingga dianggap kurang praktis untuk zaman sekarang, di mana segala sesuatu perlu kecepatan dan kepraktisan.

Wajan aluminium dengan lapisan anti-lengket, adalah generasi selanjutnya yang muncul sebagai jawaban atas kebutuhan yang makin berkembang. Seperti disampaikan oleh John Welli, Branch Manager PT Maxim Housewares Indonesia, salah satu produsen wajan aluminium berpelapis anti-lengket Teflon. Selain menjadi solusi untuk berbagai permasalahan memasak, seperti kemudahan membersihkan, kecepatan panas, produk ini juga terus berinovasi dari waktu ke waktu.

“Awal tahun 2009, generasi terbaru Teflon dengan paten teknoploi Gen-X diproduksi tanpa menggunakan Per?uorooctanoic acid (PFOA) dan peningkatan daya tahan terhadap pengikisan dan goresan” ujar Welli yang sekaligus menegaskan bahwa bahan anti-lengket yang digunakan produknya kini aman bagi kesehatan.

Beda Cara Masak, Beda Wajannya

Begitu banyak selera dalam memasak dan menikmati masakan, maka makin banyak pilihan wajan untuk memenuhi kebutuhan ini. Meski, beberapa orang memilih atau masih menggunakan satu wajan untuk multifungsi, bagi yang ingin memaksimalkan hasil masakan, ada beberapa pilihan yang dibedakan untuk setiap fungsi.

1. Fry Pan Jenis ini digunakan untuk menumis dan menggoreng dengan sedikit minyak. Ada berbagai ukuran agar dapat digunakan sesuai kebutuhan (besarnya porsi masakan). Umumnya agak datar. Untuk porsi yang lebih besar, bisa memilih yang agak cekung.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *