Memilih Komputer Cepat, Ringkas dan Murah

Mini PC

Tipe komputer pribadi yang lain adalah mini-nano PC. Perkembangan mini-nano PC ini sangat pesat, untuk menciptakan komputer yang sekecil mungkin, dengan kinerja yang sangat beragam. Salah satu contoh produk yang sangat menarik adalah ECS LIVA yang diklaim saat ini sebagai mini PC Kit berbasis Windowsterkecil di dunia. Dengan bersenjatakan Intel Bay Trail-M SoC (System on a Chip), mini PC ini berukuran hanya satu telapak tangan.

Baca juga : Net89

Penggunaan RAM tipe DDR3L membuat mini PC ini hanya membutuhkan daya 15 W. Oleh karena kecilnya daya yang dibutuhkan sistem ini dapat dihidupkan dengan sebuah powerbank ponsel. Selain itu perangkat ini dilengkapi dengan VGA port, HDMI, USB 2.0, USB 3.0, Gigabit LAN, hingga sebuah Combo Audio Jack. Tak heran jika ECS LIVA dapat digunakan untuk pekerjaan ringan seperti mengetik, berselancar, dan memutar video.

Mini PC juga dikembangkan ke arah industri yang membutuhkan daya komputasi yang lebih tinggi lagi. Bahkan ASUS Cromebox yang berukuran mini —dipersenjatai dengan Intel® Celeron 2955U Prosesor hingga Intel® Core™ i7-4600U Prosesor, GPU Intel® HD Graphics, RAM 2-4 GB DDR 3 1600 MHz, 16 GB M.2 (NGFF) SSD, sistem operasi Chrome OS— dapat dihidupkan dengan daya 65 W.

Dengan penggunaan Chrome OS, Anda bisa mengoptimalkan penggunaan aplikasi berbasis website yang sudah sangat maju. Dengan menggunakan VESA mounting, PCdapat dibuat “menghilang”, diletakkan di belakang monitor yang mendukung Andakan VESA mounting. ASUS Chromebox ini dapat diperoleh mulai Rp. 2.100.000. Anda yang berminat mengunakan mini PC dengan sistem operasi Windows dapat memilih ASUS VivoPC VC60 yang dapat menjalankan Windows 8.

Dilengkapi Intel® Core™ i5- 3210M, RAM Hingga 16 Gb, 2 buah SO-DIMM DDR3 1600 MHz, dan hard disk atau SSD berkapasitas tinggi, memungkinkan Vivio PC diisi perangkat lunak yang lebih banyak. Tentunya perangkat ini dapat menghasilkan tenaga yang memadai untuk melakukan komputasi kelas menengah seperti editing video atau gambar. Akan tetapi karena GPU yang digunakan hanya Intel® HD Graphics 4000, ASUS VivoPC VC60 hanya dapat digunakan untuk bermain game kasual, atau untuk menonton film resolusi tinggi.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *