Memiliki Fungsi Pengaturan Repeat Rate ala NET89 – CoolerMaster NovaTouch TKL memiliki desain klasik dengan balutan warna hitam. TKL memiliki makna ten key less yang berarti 10 key lebih kecil dari keyboard umumnya. Hal tersebut terlihat dari dimensi 35.9 x 13.8 x 3.9 cm yang dimiliki NovaTouch TKL dan tidak hadirnya numpad key pada sisi kanan keyboard. Menggunakan braided cable sepanjang 1.8m dan konektor 18k gold plated removable USB, NovaTouch TKL tidak memiliki jalur kabel pada bagian bawah keyboard.

CoolerMaster tampaknya tidak menyediakan tombol macro pada NovaTouch TKL. Namun untuk beberapa fungsi multimedia standar dapat dilakukan dengan kombinasi tombol fn. Letak tombol fn yang berada di kanan dipastikan tidak akan tertukar dengan penggunaan tombol windows pada keyboard umumnya. Terdapat fungsi unik pada F1 – F4, yakni konfigurasi repeat rate pada keyboard. Hal tersebut cukup berguna untuk memberikan beberapa perintah cepat untuk beberapa jenis game tertentu. Selain itu pada F9 terdapat fungsi untuk mematikan fungsi pada windows key.

Sekilas keyboard keluaran CoolerMaster kali ini memiliki key jenis mechanical. Namun jenis key switch yang digunakan adalah hybrid capacitive switch. Namun NovaTouch TKL compatible dengan switch CHERRY MX. Karakteristik switch yang digunakan oleh NovaTouch TKL ini adalah tactile feedback yang lebih halus dan dibandingkan dengan CHERRY MX Brown. Selain itu suara yang dihasilkan sedikit lebih kecil walaupun masih terdengar cukup keras dan khas. Untuk meredam suara keycap dan memperhalus tactile feedback disediakan O-ring sound dumpener pada paket penjualan.

Performa NovaTouch TKL dapat diandalkan. Dengan memiliki polling rate 1000 Hz/1ms dan feature NKRO perangkat ini memastikan semua tombol terbaca ketika ditekan saat itu juga. Saat CHIP menguji pengetikan pada NovaTouch TKL, hasilnya perangkat tersebut nyaman digunakan dalam jangka waktu yang lama. Sekalipun tidak memiliki palm rest, jarak antarkeycap yang pas dan kemiringan yang dapat diatur membuat jari betah untuk tetap mengetik.

Sumber : net89.net

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *