“Menurut Sarsito Gaib Wahono, Kepala BBPOPT, acara ini bertujuan sebagai sarana tukar informasi OPT dan penanganannya melalui inovasi dan teknologi tinggi. “Ada 40 stan pameran dan 20 display lapang yang menyajikan informasi inovasi dan teknologi,” ujarnya. Siapa saja para pengusung inovasi itu?

PT Tritama Wirakarsa

Perusahaan ini menampilkan Nordox 56 WP dan Siapton 10L untuk paket padi. “Nordox dapat mengendalikan penyakit kresek,” kata Rahmad Zulkarnaen, pimpinan PT Tritama Wirakarsa. Aplikasinya dicampur dengan pupuk urea atau NPK. Nordox juga bermanfaat sebagai suplemen organik setelah tanaman terserang hama-penyakit. Sedangkan Siapton, menurut Alan Purnama W, berfungsi sebagai bioaktivator. “Siapton berfungsi sebagai antistres. Ketika tanaman terserang hama dan penyakit, tanaman tetap tahan, tidak stres,” kata Promosi Pemasaran PT Tritama Wirakarsa itu. Siapton akan memaksimalkan pertumbuhan tanaman sehingga produksi meningkat dan berkualitas.

PT Petrokimia Kayaku

M. Darmanto, Agronomis PT Petrokimia Kayaku menjelaskan, untuk mengendalikan gulma di daerah kekurangan air, perusahaan ini memberikan solusi dengan menyediakan herbisida Nominee 100 OF. Sedangkan untuk daerah beririgasi bagus, tersedia herbisida Kisan 10 WP. “Kisan diberikan sebelum gulma tumbuh, sedangkan Nominee itu kalau gulma sudah tumbuh,” katanya. Secara logika, Darmanto menambahkan, “Gulma itu kompetitor padi dalam mengambil sari-sari makanan dari tanah.” Dengan mengendalikan gulma, produksi padi akan meningkat.

PT Prosper Biotech Indonesia

Perusahaan asal Bandung, Jabar ini menampilkan Evagrow, pupuk organik buatan lokal. Agus Ruhianto, Marketing dan Agronomis PT Prosper Biotech Indonesia mengutarakan, Evagrow bisa mengurangi penggunaan pupuk kimia sampai 100% karena menggunakan bahanbahan alami dan mengandung nutrisi. Kandungan bakteri baik seperti Azotobacter sp. dapat meningkatkan nitrogen bebas sehingga mampu meningkatkan kesuburan pada tanah. Agus mengklaim, penggunaan Evagrow mampu meningkatkan hasil panen organik 100% dan penurunan biaya pupuk kimia hingga 100%. Selain sebagai pembenah tanah, Evagrow juga bersifat antihama, seperti wereng dan penggerek batang

PT Dupont Indonesia

Perusahaan multinasional berbasis di Jakarta ini menawarkan produk baru Acapela System. Fungsida ini memiliki tiga keunggulan, yaitu mampu mengendalikan berbagai macam penyakit, seperti blas dan hawar daun pelepah, membuat daun bendera lebih hijau dan sehat, serta mengoptimalkan pembentukan malai sehingga lebih banyak malai produktif. Fungisida sistemik ini mengandung bahan aktif pikoksistrobin dan siprokonasol. Aplikasi Acapela System pada umur 45 atau 50 HST untuk melindungi pembentukan malai dan umur 55 atau 60 HST untuk mengoptimalkan pengisian malai.

PT Syngenta Indonesia

Perusahaan ini menyajikan teknologi terintegrasi untuk pertumbuhan padi optimal, di antaranya Amistartop 325 SC. Produk ini adalah fungisida sistemik dan sebagai zat pengatur tumbuh berbentuk perekatan yang larut dalam air. Selain mengendalikan penyakit, fungisida ini berperan besar dalam meningkatkan pertumbuhan tanaman, menaikkan hasil dan kualitas panen. Ada juga produk baru bernama Armure, fungisida yang berfungsi menjaga daun bendera tetap hijau sampai panen sehingga pengisian malai akan maksimal. Pengisian gabah yang tidak maksimal menyebabkan gabah kopong lebih banyak dan gabah mudah pecah saat dipanen. Penggunaan Armure menghasilkan kenaikan hasil panen 7%-11%. Atau tambahan kenaikan sekitar 0,5 ton/ha.

PT Rainbow Agroscience

Hadir di Indonesia sejak 2012, perusahaan yang dikenal sebagai eksportir bahan aktif pestisida nomor wahid di Tiongkok sudah mengantongi izin edar lebih dari 100 merek. Sebagai produsen bahan aktif, perusahaan ini sudah memiliki produk pestisida yang sangat lengkap untuk perlindungan hama penyakit pada berbagai tanaman. Sekitar 6 bulan lalu masuk ke pasar bebas pestisida Indonesia. “Tahap awal kami masih memasarkan pestisida dengan berbagai formulasi, selanjutnya akan fokus pada formulasi WG dan SG yang merupakan spesialisasi kami dan memegang paten internasionalnya,” ungkap Mardianto, Senior Advisor PT Rainbow Agrosciences. Formulasi WG dan SG memiliki kelebihan mampu membuat bahan aktif lebih stabil, biayanya lebih murah, dan tidak bisa dipalsukan. Selain itu, PT Rainbow Agrosciences telah mampu meningkatkan kemurnian bahan aktif dalam formulanya. Inovasi baru inilah yang dikenalkan dan diedukasikan kepada para petani.”

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *