Resmi Tiba di Indonesia bersama FIN888 – Yang jadi pertanyaan, apakah kecepatan ini hanya bisa didapat saat uji coba saja? Pasalnya, belum banyak pengguna yang menggunakannya, sehingga bandwith yang didapat masih sangat lega. Belum lagi, kita belum bisa mencobanya di luar area XL Xplor karena keterbatasan jangkauan. Untuk tahap awal, 4G dari XL menjangkau wilayah Jakarta, Bali, dan beberapa kota di Kalimantan.

4G Indosat Sama halnya dengan XL, Indosat juga sudah merilis layanan 4G untuk uji coba. Pengguna yang ingin menjajal kecepatann ya bisa langsung datang ke kantor Indosat. Lebih tinggi dari XL, Indosat mengklaim kecepatan 4G yang mereka sediakan bisa mencapai 185 Mbps. Hebatnya, Indosat mengklaim memiliki cakupan 4G yang cukup luas, yaitu hadir di 23 kota, namun belum dirinci kota mana saja yang dimaksud. 4G Telkomsel Berbeda dari XL dan Indosat, Telkomsel secara mengejutkan sudah langsung meluncurkan layanan 4G secara luas. Pengguna Telkomsel bisa mencicipi 4G di area terbuka, tidak hanya di titiktitik tertentu saja.

Hari pertama pengumuman tersebut, langsung mencoba untuk menukar SIM card lama dengan yang baru. Antrean ternyata sangat panjang, membutuhkan waktu hingga dua jam. Ternyata, pihak Telkomsel menyatakan ada sekitar 2.000 pengguna yang menukar SIM card 4G setiap harinya melalui GraPARI. Hal ini menunjukkan betapa besarnya animo masyarakat Jakarta yang ingin merasakan 4G. CHIP mencoba kecepatan 4G Telkomsel di beberapa tempat berbeda. Perlu diketahui, cakupan wilayah 4G milik Telkomsel ada di Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Bandara SoekarnoHatta. Di Jakarta Barat, mengujinya di area Palmerah dan Slipi.

Di dalam rumah, kecepatan rata-rata download yang didapat yaitu 4 Mbps. Namun saat dibawa ke luar rumah, kecepatannya bisa mencapai 11 Mbps. Di Jakarta Selatan, CHIP mencobanya di wilayah Permata Hijau. Kecepatan yang didapat bisa mencapai 26 Mbps di area terbuka. Uniknya, Telkomsel mengklaim 4G miliknya bisa mencapai 36 Mbps, jauh lebih rendah dari XL (100 Mbps) dan Indosat (185 Mbps). Namun berapa pun kecepatan yang diklaim, jangan sampai hal tersebut hanya sebuah strategi marketing saja tanpa bukti nyata. Selain itu, Anda juga perlu mencermati tarif Internet yang ditawarkan oleh setiap operator.

Sumber : https://net89.net/

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *