Ruang Keluarga

Sebagai tempat berkumpul, ruang ini digunakan oleh semua anggota keluarga baik yang masih balita, anak-anak, sampai dewasa, dan manula. Suasana santai seringkali membuat penggunanya duduk lesehan di bawah, membawa berbagai camilan dan makanan, serta beberapa gadget. Jangan lupa membersihkan alat kebersihan Anda sehabis digunakan. Untuk pengepel lantai, bersihkan dengan desinfektan dan keringkan, simpan dalam posisi terbalik agar tak lembap. Untuk vacuum cleaner, langsung dibuka, dan lap debu-debu yang menempel di saringannya.

Baca juga : Jual Genset Bali

Kamar Mandi

Kamar Mandi Ruang yang sangat dekat berhubungan dengan air, penyebab lembap yang sangat disukai kuman. Tempat membersihkan badan yang justru seringkali dilupakan untuk dibersihkan. Pisahkan kamar mandi dengan tempat penyimpanan alat-alat kebersihan. Kondisi yang lembap dapat mengundang kuman berkembangbiak dan dapat menjadi perantara tersebarnya kuman ke seluruh bagian rumah. Selalu simpan barang kebersihan dalam keadaan kering.

Dapur

Nadi kehidupan keluarga adalah ruang ini. Di sinilah makanan dan minuman bagi anggota keluarga disiapkan dan dibuat. Menjadi tempat “parkir” beberapa bahan makanan yang berasal dari luar rumah, membuat tempat ini rentan kuman. Ada pula tempat membersihkan kotoran (piring dan alat masak) dan sisa makanan yang berpotensi menyebarkan kuman.Langsung bersihkan setiap habis digunakan. Jangan menumpuk kotoran (piring, sisa makanan, sampah). Jangan biarkan basah dan lembap. Usahakan setiap sesuatunya dalam keadaan yang kering, karena tempat yang lembap atau basah sangat disukai oleh kuman untuk berkembang. Rendam busa pencuci piring dengan larutan desinfektan, keringkan, dan simpan dalam tempat yang tidak lembap.

Permukaan yang Disentuh

Beberapa bagian dan elemen rumah sangat sering bersentuhan langsung dengan kulit kita. Barang barang ini sangat mungkin menjadi sarana penyebaran kuman. • handle pintu. •               mainan. • telepon dan telepon genggam. •          keyboard komputer. Selain rutin membersihkan bagian-bagian ini, rajinlah mencuci tangan sebelum dan sesudah menggunakan alat-alat ini.

Tentang Desinfektan

Tindakan pembersihan tak hanya sekadar untuk membersihkan, namun juga harus membunuh kuman. Karenanya, penggunaan desinfektan sangat diperlukan. Desinfektan adalah produk yang dapat membunuh kuman (bakteri berbahaya, virus, dan jamur). Sebuah produk pembersih yang mengandung desinfektan akan mencantumkan dalam kemasannya keterangan “membunuh bakteri/ kuman”. Penggunaan desinfektan harus sesuai dosis yang ditentukan. Pengurangan dosis menyebabkan kuman tak bisa berkembang biak, namun kuman tidak mati. Permukaan kering cenderung tetap higienis setelah diberi desinfektan, selama belum terkontaminasi . Permukaan lembap atau basah, kuman yang tertinggal dapat berkembang biak dalam beberapa jam.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *